Senin, 18 Juni 2012

Tempat itu bernama an-nar


Saudariku...
Gemetar saat nama itu di ucapkan
Gundah hati saat kata itu disebutkan
Deras air mata ketika isi nya digambarkan
Satu tempat yang setiap waktu kita berbelindung di jauhkan darinya
Satu tempat yang tidak pernah seorangpun mau melihatnya
Satu tempat yang tidak terbayangkan kedahsyatan siksanya

satu tempat yang bernama "an-nar" 
ya,, neraka dengan berbagai tingkatanya

Tempat itu adalah


Hawiyah:
yang diperuntukkan atas orang-orang yang ringan timbangan amalnya, yaitu mereka yang selama hidup di dunia mengerjakan kebaikan bercampur keburukan. Orang muslim laki-laki maupun perempuan yang perbuatan sehari- harinya tidak sesuai dengan ajaran Islam, maka Hawiyah sebagai tempat tinggalnya. Mereka ini yaitu orang yang tidak mau menerima syariat Islam, tidak mau memakai jilbab (bagi wanita), memakai sutra dan emas (bagi lak- laki), mencari rejeki dengan cara tidak halal, memakan riba dan lain sebagainya.

Jahim
neraka sebagai tempat penyiksaan atas orang-orang musyrik atau orang-orang yang menyekutukan Allah, maka sesembahan mereka akan datang untuk menyiksa mereka.Syirik disebut sebagai dosa yang paling besar.


Saqor
Tempat untuk orang-orang munafik, yaitu orang-orang yang mendustakan perintah Allah dan Rasulullah. Mereka mengetahui bahwa Allah sudah menentukan hukum Islam melalui lisan Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, tetapi mereka meremehkan syariat Islam. 

Laza
Neraka yang bergejolak apinya dan mengelupaskan kulit kepalanya. [QS:70. Al Ma´aarij] 15-18 

Huthomah 
tempat orang yang suka mengumpulkan harta, serakah dan menghina orang-orang miskin. Mereka berpaling dari agama, tidak mau bersedekah dan tidak mau pula membayar zakat. Mereka juga memasang wajah masam apabila ada orang miskin yang meminta bantuan. Maka Allah membalas dengan menyiksa mereka dengan cara menguliti dan mengelupaskan kulit muka mereka. Serta membakar mereka semau yang Allahmau. juga untuk yang gemar mengumpulkan harta berupa emas, perak atau platina, mereka serakah tidak mengeluarkan zakat hartanya dan mencela menghina orang-orang miskin. Maka di Huthamah harta mereka dibawa dan dibakar untuk diminumkan sebagai siksa kepada manusia pengumpat pengumpul harta.

Sair
Diisi oleh orang-orang kafir. Dan orang yang memakan harta anak yatim. Kafir berasal dari kata kufur yang berarti ingkar atau menolak. Sehingga kafir dapat diartikan menolak adanya Allah atau dengan membantah perintah Allah dan Rasul-NYA.

Wa'il
Tempat para pengusaha dan pedagang yang culas, mengurangi timbangan, mencalo barang dagangan untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat. Maka dagangan mereka dibakar dan dimasukkan ke dalam perut mereka sebagai azab atas dosa-dosa mereka.

Jahanam
Neraka tempat penyiksaan itu kemudian banyak disebut orang dengan nama jahanam. Neraka yang paling dalam dan berat siksaannya. [QS: 15. Al Hijr 43-44]


Rabbku
Dimanakah akhir kami?
Hanya Rahmat-Mu lah yang bisa menjauhkan kami dari neraka-Mu
Dengan NamaMu, kami berlindung dihari yang tiada seorangpun menyiksa seperti siksa Mu.

"Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dai siksa kubur dan siksa neraka, dari fitnah hidup dan fitnah mati, serta dari fitnah dajjal" 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar